Benjolan Pada Payudara Saat Menyusui Berbahayakah?

Bagikan Artikel Bermanfaat Melalui Via :

Benjolan Pada Payudara Saat Menyusui Berbahayakah?

Ketika seorang wanita menyusui terkadang mengalami yang namanya ada benjolan pada salah satu atau kedua payudara. Hal itu, dapat bersifat jinak maupun berbahaya tergantung jenisnya. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai Benjolan Pada Payudara Saat Menyusui Berbahayakah serta penyebab dan saran untuk pengobatannya.

Berbahaya atau tidaknya kondisi yang Anda alami, dan apa yang sebaiknya Anda lakukan saat ini lebih baik diketahui terlebih dahulu penyebab pastinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

Penyebab Benjolan Pada Payudara

Benjolan pada payudara ada banyak macamnya dan dengan ukuran yang berbeda.Ketika benjolan tersebut muncul saat periode menyusui, tentunya muncul kekhawatiran terhadap bahaya akan timbulkan pada bayi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Berikut diantaranya :

  • Radang Kelenjar Susu (Mastitis)

Pada kondisi ini umumnya terdapat gejala seperti gumpalan (teraba sebagai benjolan), yang terasa nyeri, kulit kemerahan, demam, nyeri pada payudara yang juga di sertai oleh keluarnya nanah dan darah dari putih susu.

  • Tumor Atau Kanker

Kanker lebih jarang terjadi, tetapi tidak ada salahnya, jika Anda berhati-hati. Kanker terjadi ketika sel-sel dalam payudara bertumbuh secara abnormal dan lebih cepat daripada sel normal. Akibatnya sel tersebut membentuk seperti benjolan.

  • Galaktokel

Galaktokel merupakan suatu jenis dengan gejala tampak rata, benjolan bisa digerakan, meski terkadang juga keras dan sulit untuk di gerakan, yang pada biasanya benjolannya sendiri di sebabkan oleh tersumbatnya saluran susu, kondisi ini sering kali di alami oleh wanita hamil maupun menyusui.

Kista sendiri adalah ruang yang berisikan cairan yang berasal dari kelenjar payudara serta di batasi oleh sel-sel. Dan seperti jenis kista lainnya, galaktokel sendiri tidak bersifat sebagai kanker.

Sementara itu, ciri-ciri atau tanda-tanda benjolan berbahaya yang mengindikasikan adanya kanker diantaranya adalah :

  1. Benjolan yang timbul biasanya menetap dan tidak bergerak
  2. Benjolan yang tegas dan keras
  3. Tidak ada benjolan yang identik dengan payudara yang berlawanan
  4. Kulit payudara yang berlesung atau terdapat cekungan
  5. Hanya terdapat satu benjolan
  6. Benjolan yang timbul pada payudara disertai dengan pendarahan pada bagian puting
  7. Benjolan yang tidak diskrit, biasanya benjolan ini tidak mudah untuk dibedakan dengan benjolan yang bukan kanker.

Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Terdapat Benjolan Payudara Selama Menyusui

Kondisi timbulnya benjolahn pada bagian payudara selama masa menyusui, tentu dapat membuat ibu khawatir. Sebagian ibu mungkin dapat dihantui dengan perasaan takut jika kondisi yang dialaminya dapat mempengaruhi kualitas ASI dan bayinya. Lantas bagaimana penanganan yang perlu dilakukan sebelum bunda sempat pergi ke dokter ?

  1. Lakukan pemijatan dengan lembut dan perlahan. Anda dapat menggunakan babyi oil atau minyak kelapa untuk memijat.
  2. Setelah dipijat, tetap berikan ASI pad bayi meski dibagian yang terdapat dengan benjolan.
  3. Kompreslah payudara dengan menggunakan kantor berisikan air panas. Hal ini dilakukan untuk membantu mengurangi perasaan nyeri atau ngilu yang mungkin dirasakan.
  4. Ketika menyusukan bayi, upayakan agar bunda bisa menekan dengan halus bagian yang menonjol ke arah putih.

Apabila bunda melakukan proses pemijatan ini dengan rutin, diharapkan konidis benjolan bisa menghilang dengan sendirinya. Sementara itu, Anda tetap disarankan untuk melalukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat. Hal ini dilakukan untuk memastikan adanya tumor atau hanya infeksi.

Pengobatan Benjolan Pada Payudara Saat Ibu Menyusui

Bagi bunda yang sedang mengalami benjolan payudara akibat infeksi atau kanker / tumor, bunda bisa mengkonsumsi salah satu produk walatra, yang bernama Walatra Bersih Wanita, karena diformulasikan secara khusus untuk menyembuhkan gangguan kewanitaan seperti kanker payudara, benjolan, gatal payudara, melancarkan ASI, pendarahan puting, dan berbagai gangguan kewanitaan lainnya.

Kami tidak akan bicara banyak karena sudah terlalu banyak orang yang memberikan testimoni, betapa hebatnya khsaiat dari Walatra Bersih Wanita yang telah menyembuhkan benjolan payudara akibat infeksi maupun kanker secara alami. Untuk informasi pengobatan silahkan klik : Walatra Bersih Wanita

Demikian sekilas informasi mengenai Benjolan Pada Payudara Saat Menyusui Berbahayakah. Semoga dengan adanya artikel kali ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Bagikan Artikel Bermanfaat Melalui Via :

Leave a Reply